STRATEGI 5 KULIAH TANPA BIAYA? INI TIPS TRICK (EPS 6)

STRATEGI KELIMA

KIAT PRAKTIS MENGATASI BIAYA HIDUP


Untuk memenuhi kebutuhan hidup, banyak mahasiswa yang melakukan usaha sampingan selain kuliah yang menghasilkan uang atau sesuatu yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Imbalan yang didapatkan dari usaha ini tidak perlu mesti uang, tetapi dalam bentuk lain pun tidak jadi masalah.

Usaha yang dilakukan tentu saja harus merupakan usaha yang halal. Dan juga yang tidak kalah pentingnya adalah tidak terlalu menyita waktu kuliah  dan  belajar  serta hanya memerlukan sedikit modal atau bahkan tanpa modal sama sekali (bagi yang kemampuan dananya terbatas). Lain lagi dengan mahasiswa yang berkecukupan namun ingin mandiri dengan  wiraswasta,  maka modal usaha mungkin tidak terlalu menjadi masalah.

Kunci dari usaha ini adalah jeli dalam melihat setiap peluang.
Banyak, misalnya, mahasiswa yang ketika ada kegiatan di kampus mereka tidak malu untuk berjualan minuman dan makanan. Tentu saja dagangannya laku karena berjualan secara ”jemput bola”.

Ada   beberapa   usaha   sampingan   yang   biasanya   dilakukan mahasiswa, yang tentu saja masih banyak usaha-usaha lain yang dapat dilakukan :

1. Menulis di media masa
Saat  ini,  media masa baik berupa koran, tabloid atau majalah banyak sekali serta mudah untuk didapatkan, baik di pedesaan, apalagi di perkotaan. Media masa ini ada yang tingkat daerah dan nasional. Jumlahnya lebih dari 100 untuk seluruh Indonesia.

Setiap terbit, media masa ini memerlukan tulisan-tulisan baik berupa artikel, opini, cerita pendek (cerpen), surat pembaca, resensi buku dan sebagainya. Bayangkan, untuk satu koran harian (yang terbit setiap hari), berapa ratus tulisan yang mereka butuhkan dalam satu bulan ! Dan biasanya,  setiap  tulisan  yang dimuat diberi honorarium. Untuk koran tingkat lokal biasanya sekali dimuat honornya sekitar Rp.100.000,00 bahkan  bisa  lebih.  Dan  untuk  koran  nasional  honornya  paling  kecil sekitar  Rp.  300.000,00-an,  bahkan  ada  yang  sampai  Rp.  750.000,00 bahkan bisa lebih. Jadi, peluangnya banyak dan honornya menggiurkan pula. Tinggal berlatih menulis saja. Kata sebagian penulis senior, biasanya untuk penulis pemula ada rumus 1 : 10, artinya diantara 10 tulisan yang dikirimkan, biasanya ada satu yang dimuat.

Untuk melakukan hal ini, kita tinggal membaca dan mengamati rubrik-rubrik yang ada di suatu koran/tabloid/majalah, lalu mana yang kira-kira kita mampu untuk membuat tulisan. Tulisan tidak hanya berbentuk tulisan ilmiah. Puisi, cerita pendek (cerpen), pengalaman pribadi dan hal-hal lainnya biasanya ada rubrik khusus yang memfasilitasinya.

2. Menyediakan jasa pengetikan

Bagi mahasiswa yang mempunyai kemampuan mengetik cepat bisa   memanfaatkannya   dengan   menjual   jasa   pengetikan   kepada mahasiswa   lain.   Hal   ini   bisa   dilakukan   dengan   membuka   rental pengetikan sendiri atau hanya mengetik saja. Kalau membuka rental sendiri tentu saja memerlukan modal untuk pembelian komputer dan penyediaan tempat. Kalau hanya menyediakan jasa pengetikan saja, tentu promosi yang gratis adalah lewat teman-teman kuliah.
Kalau setiap hari ada yang memanfaatkan jasa kita minimal 2 orang dengan imbalan masing-masing misalnya Rp. 10.000,- maka hal ini sudah  lumayan  untuk  ukuran  mahasiswa.  Belum  lagi kalau seseorang menyuruh mengetik kadang-kadang menanggung juga urusan konsumsinya !

dan masih banyak usaha-usaha lainnya yang dapat dilakukan sesuai dengan bakat, kemampuan dan kreatifitas mahasiswa yang bersangkutan.

Dulu Ane ketika masih kuliah sering mengikuti menjadi Surveyor, ane menjadi surveyor di radio DAKTA Bekasi, Alhamdulilah dalam sebulan ane bisa dapet kumpulin duit 1.5 Juta.
Ane juga bukan orang kaya yang orang tua dapat belikan apa yang kita mau, buat bayar kuliah aja ane bingung, dan disini ane berusaha buat dapetin Beasiswa , Alhamdullilah Ane dapet dari semester 2 sampe semester 5. ya walaupun gx full semester setidaknya ane bisa meringankan beban orang tua ane gan. Ane juga ikut menjadi pembuat program waktu kuliah ya ngebantu mahasiswa yang mau buat Tugas Akhir dan Skripsi padahal waktu itu ane masih di Semester 3 :)) tapi udah buatin Skripsi atau Tugas Akhir orang.wkkkk Aneh bener..

Semoga kisah ane ini bisa bermanfaat dan menjadi motivasi buat temen temen yang mikir kalo kuliah itu mesti ada biaya padahal Kuliah hanya butuh kemauan dan selanjutnya Allah akan berikan jalan yang terbaik buat kita. Believe... Beleive... and Beleive..


Terima Kasih Salam RELAINC ANDRO.
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment